Diary Ternak Ikan Platy



Hai brad, masih seputar ikan. Kali ini ane mencoba ternak ikan Platy yang katanya mudah banget untuk diternakan.Di postingan ini aku akan coba tuliskan langkah-langkah yang kuambil dan ini merupakan trial dan error sebagai seorang pemula dalam ternak ikan Platy, tujuannya hanya hobby dan bukan untuk bisnis :D

Jurnal Ternak Ikan Platy:

- Rabu, 24 Juli 2019 beli indukan ikan Platy seharga Rp. 3000 dan sepertinya sudah ada baby di perutnya. Eh iya lupa, jantannya juga beli yang 3 color harganya sama Rp. 3000
Ikan ini dipelihara di akuarium kecil dengan ukuran 30x20x20cm
Akuarium tidak memakai Power Head, hanya memakai media gelembung ditambah sponge filter.
Dalam waktu beberapa hari ikan kelihatan gesit dan sehat, perut indukan sekarang sudah mulai tambah buncit tanda-tanda kehamilan!!

-  Sabtu, 27 Juli 2019 akhirnya lahir juga baby ikan Platy yang sangat lucu banget dengan ukuran sekitar 1,5cm. Indukan dan jantannya langsung dipisahkan ke akuarium lain untuk menghindari kanibalisasi terhadap anaknya.
Jumlah anakan atau baby ikan Platy ini cukup banyak sekitar 30-40 ekor, (Susah ngitungnya, ini dikira-kira aja :D)
- Selasa, 30 Juli 2019 ..... 3 hari setelah lahirnya baby ikan Platy ini, terlihat ikan sangat gesit dan periang hehehhe. Ikan belum dikasih makan apapun karena menurut sumber yang saya baca, ikan ini punya cadangan makanan untuk 5 hari setelah lahir. Jadi gak apa apa meskipun tidak diberi makan.

Menunggu update nanti pas pemberian pakan ya, semoga ikan ini sehat sampai dewasa dan memenuhi akuarium kecil ini.

- Rabu, 31 Juli 2019, sekarang anakan ikan sudah mulai terlihat dan bisa diukur. Ukurannya didapat yaitu sekitar 0.5cm. Kita lihat nanti dalam beberapa hari lagi dia bisa tumbuh sampai berapa cm.


- Jum'at, 02 Agustus 2019, sekarang ikan sudah dikasih makan dengan tumbukan pelet taka*i dan mereka mau makan pelet tersebut. Untuk ukuran sepertinya masih sama dengan 2 hari sebelumnya, namun sekarang pergerakan ikan menjadi lebih lincah.

- Sabtu, 03 Agustus 2019, air menjadi agak keruh, sepertinya disebabkan oleh sisa pelet ikan. Maka saya melakukan pergantian air sebanyak 40%
Kondisi ikan sepertinya masih sehat dan semakin lincah.
Pemberian garam dilakukan sebanyak 3 sendok untuk mencegah jamur.

- Senin, 26 Agustus 2019, ikan sudah terlihat sangat lincah, tapi ukurannya mungkin baru mencapai 0.8cm. Warnanya sudah kelihatan menjadi cerah. Hari ini saya coba kasih pakan alami berupa lumut yang saya ambil dari kolam dangkal.
Ada satu hal yang agak menyeleneh, hari ini saya memasukan 2 helai daun mangga kering kedalam akuarium ikan platy ini, tujuannya adalah agar bisa ada manfaat untuk mencegah penyakit dan menyeimbangkan PH air seperti daun ketapang. Kenapa saya tidak menggunakan daun ketapang, alasannya karena disini gak ada pohonnya dan malas beli juga hehehe... ya.. itung-itung eksperimen saja ya, semoga ada manfaatnya, kalau toh gagal ya gak apa-apa :D
Sementara ini saya gak update foto, soalnya lagi sibuk :D
BTW udah hampir sebulan tapi ikannya masih kecil mungil, ternyata lama juga ya proses ternaknya!

See you on the next updates
Silahkan Tulis Pendapatmu!

Previous
Next Post »

Ads Inside Post