Mencoba Rangkaian Power Amplifier TDA2004 Untuk PC

Saatnya iseng-iseng di dunia elektronik gan. Kali ini saya akan mencoba untuk merangkai sebuah rangkaian power amplifier TDA2004 yang disandingkan dengan PC.


Artikel ini saya kemas dengan sederhana (tidak terlalu detail) ditujukan untuk para pembaca yang berada di kelas medium pada dunia elektronik, dalam artian sudah mengerti dasar-dasar elektronik.

Saya memilih rangkaian TDA 2004 ini karena rangkaian power amplifier ini harganya relatif murah. Harga power kit yang sudah jadi saja harganya bisa ditebus dengan harga 12000 saja.

Baiklah kita mulai persiapannya dulu Apa saja alat yang diperlukan untuk rangkaian power amplifier tda2004 sederhana ini?

Peralatan yang diperlukan



- Power kit TDA 2004
- IC 7812
- Sodler dan timah secukupnya
- speaker kecil atau sesuai dengan kebutuhan. Saya pribadi memakai speaker ukuran 4 in bekas speaker aktif yang sudah tidak terpakai tapi masih berfungsi dengan bagus.
- potensio
- kabel secukupnya untuk menghubungkan power supply serta menghubungkan speaker dengan power amplifier.

Cara pemasangan


Karena disini kita membeli kit power amplifiernya maka kita tidak perlu susah-susah untuk merakit rangkaian power amp nya. Kita hanya akan membuat sebuah regulator sederhana dengan menggunakan IC 7812.

Pertama tama hubungkan +12 dan - dari PSU komputer ke kaki input 7812 kemudian outputnya kita sambungkan ke bagian V-in rangkain TDA tadi, lalu inputnya kita ambil dari output PC bagian belakang.

Output ke speaker ya gan,
Hasilnya lumayanlah dengan daya yang kecil suaranya cukup menggelegar hehe
Silahkan Tulis Pendapatmu!

Previous
Next Post »