Kamis, 19 November 2015

Atur Pola Makan Anak yang Terkena Tipes/Tifus

BacaBece.com - Penyakit tipes/tifus itu orang bilang permanen, kalau sudah kena sekali maka bakterinya akan terus berada dalam lambung sehingga ketika tubuh lemah, maka bakteri tersebut akan "aktiv kembali".



Saya memang bukan dokter, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja tentang tipes karena kebetulan anak saya juga penah terkena tipes dan kambuh lagi karena pola makannya yang kurang diperhatikan. Sebenarnya tipes ini tidak jauh dari pola makan anak dan kebersihannya.

Nadia saat tipesnya kambuh, jadi gak bisa sekolah deh...

Nah apakah penyebab tipes kambuh lagi?


Dari yang saya perhatikan, anak saya akan terkena tipes jika pola makannya tidak teratur. Hal ini dikarenakan mood anak naik turun, ada kalanya dia mau makan ada kalanya dia malas makan sehingga dia seringnya jajan, terlebih lagijajanan yang dia konsumsi itu kurang baik seperti seblak, gorengan, makanan pedas, makanan gurih dan sejenisnya.


Untuk Itu Kita Perlu:


Jagalah Makannya, untuk mencegah kambuhnya tipes hanya satu caranya yaitu perhatikan pola makannya, makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk itu wajib secara teratur.

Hindari Makan Sembarangan, hindari makan jajanan sembarangan apalagi yang pedas-pedas dan tidak jelas kebersihannya.

Jika sudah Kambuh? Apabila tipes/tifus anak ini sudah terlanjur kambuh maka cara penyembuhannya tidak terlalu sulit, yang paling mujarab adalah dengan cacing sonari atau bisa beli kapsul cacing dari apotek terdekat.

Semoga membantu,