Selasa, 11 Agustus 2015

Restorasi RGR dari Rongsokan Menjadi Trail RGR siap Gas :D



BacaBece.com - Restorasi RGR yang sudah menjadi "rongsokan" menjadi motor trail yang siap gas geber-geber ke gunung memang bukan hal mudah dan perlu dompet yang cukup tebal juga :D. Tapi akan saya coba sedikit-sedikit sambil ngeblog. Nanti akan saya update proses perakitan trail dari RGR nya pada artikel ini.



Kondisi motor RGR nya sendiri, sekarang bodinya sudah dibikin trail seadanya sedangkan mesinnya tergeletak begitu saja dengan beberapa part yang harus dan wajib diganti. Maka dari itu restorasi RGR yang sudah menjadi rongsokan ini akan terfokus pada bagian mesin saja.

Berikut ini adalah beberapa jadwal restorasi yang akan saya lakukan.

1. Baut tanam silinder head

Mesin RGR saya ini sudah tua banget dan kerjanya keras banget, sering digeber di RPM tinggi namun kondisi motor tidak melaju begitu cepat. Khas motor adventure lah yang selalu memainkan RPM tinggi kala melewati tanjakan ekstrim yang super licin. Kadang motor diem tapi putaran ban pol :D



2. Bearing

Bearing mesin juga sudah banyak yang oblak namun tidak terlalu tapi tentunya harus diganti keseluruhannya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kasusnya sama seperti diatas karena mesin sering digeber.

3. Membran

Membran atau reedvalve atau disebut harmonika atau apalah itu namanya, yang jelas part ini sudah minta ganti juga

4. Kabel dan Baut Mesin

Maklum motor sudah berumur, kabel spulnya sudah harus diganti dan dirapikan. Dan untuk baut mesin, ini perlu diganti dengan baut 8 biar bongkat pasang jadi lebih mudah. Ketimbang harus pakai obeng gedor.

5. Cat mesin

Kalau soal cat mah ini opsi terakhir hanya untuk mempercantik tampilan saja.