Jumat, 07 Agustus 2015

Power OCL 150W Mono Untuk Rangkaian Subwoofer

power ocl 150 untuk subwoofer


Bisakah Power OCL 150 Untuk Subwoofer?

Mengasyikan memang jika kita melengkapi audio sistem kita dengan Subwoofer, suaranya deg deg ngeng membuat puas telinga kita. Nah bagaimana jika Power OCL mono dipakai untuk rangkaian Subwoofer?
Jawabannya sah sah saja, kan OCL ini termasuk power amp yang tujuan utamanya yaitu memperbesar pwer yang keluar dari pre amp. Nah singkatnya gunakanlah drive atau pre amp subwoofer lalu hubungkan ke bagian input Power OCL 150W tadi. Dan tinggal genjreng deh musiknya.




Persiapan

Untuk merangkai subwoofer menggunakan rangkaian Power OCL 150 Watt ini ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan dan sediakan diantaranya adalah:

Bahan Bahan:
- Trafo CT 5 A
- Trafo CT 1 A (12v) + Power supply untuk drive subwoofer
- Power supply, Dengan 4 buah dioda 5A dan 2 buah Elco 10.000uf-50v atau yang lebih besar
- Power Amp OCL 150 Watt + Heatsink yang memadai
- Pre Amp Subwoofer kit (Biasa dijual Rp 15.000 - 30.000 atau yang lebih mahal eh bagus :D)
- Speaker subwoofer ukuran 10 inc, untuk merknya bisa ditanyakan di tokonya. Pilihlah yang terbaik dan pas di dompet tentunya. Biasanya sih American Boss, Pioneer dll.
- Box khusus Subwoofer


Cara Merangkainya

Setelah kita siap dengan bahan diatas, waktunya untuk merangkai. Saya tidak akan menjelaskan secara rinci cara merangkainya karena saya asumsikan anda sudah mengerti cara memasangnya.
Secara simplenya,
- Pasangkan trafo dan power suply kemudian pasang ke power amp dan drive subwoofer 
- Dan musik siap untuk menggelegar.
 
Yang perlu di perharikan adalah input voltage yang tidak boleh melebihi 24 V AC,  karena ini akan mempengaruhi keawetan komponen nantinya. Namun jika komponen pada power OCLnya adalah yang bagus maka rangkaian bisa dialiri dengan tegangan 32 Volt dan akan berimbas pada suara yang lebih lantang dan bulat. 

Hasil Suara

Untuk hasilnya, secara pribadi rangkaian subwoofer dengan menggunakan Power OCL 150 Watt ini cukup memuaskan dan tidak kalah dengaan yang beredar dipasaran, malahan lebih berasa powernya bro. Selamat mencoba ya!!