Jumat, 28 Agustus 2015

Jalur Fun Offroad / Trabas Logawa - Pangalengan

BacaBece.com - Di Area Pangalengan ini terdapat banyak jalur offroad / trabas yang bisa kita jelajahi dengan motor trail/enduro kita, mulai dari yang paling ekstrim hingga yang paling mudah. Nah kali ini saya akan membahas soal offroad / enduro jalur Logawa Pangalengan dengan dengan tingkat kesulitan yang tergolong sangat mudah, ya... sekedar fun aja untuk melihat indahnya alam Pangalengan via jalur offroad. Jalur ini mudah untuk dilalui oleh kendaraan ber cc kecil bahkan jika anda cukup bernyali, kendaraan standar pun bisa melewati jalur ini.



Start Area



Untuk memulai penjelajahan kita, kita bisa mulai dari start area yaitu dari Ojek Lintung (Sebelah atasnya GI Cikalong). Lalu keatas menuju Kampung Logawa kemudian di lanjutkan menuju gerbang hutang yaitu Kampung Cimulek. 
Cimulek adalah gerbang menuju hutan, ada cabang ke kiri dan ke kanan dari sini, yaitu kiri menuju Ibun (Hutan) dan kanan menuju Pangalengan (Hutan Cisela). Nah dari sinilah kita akan mulai berpetualang. Pertama kita akan memasuki kawasan bukit Parabon. Disini pula kita bisa memilih jalur untuk ke Baru Petak atau ke Pangalengan. Skip ya kita pilih pangalengan. Dan gas pun digeber, karena tipenya jalur speed, anda bisa memacu kecepatan sedang-tinggi di area parabon ini, blar... blar....

Perjalanan

Disepanjang perjalanan, kita akan disuguhkan dengan medan menanjak dan turunan yang disertai dengan batu-batu kecil dan besar, kita akan melewati hutan pinus, kebun warga, hutan mala dan terakhir kita akan melalui Perkebunan Teh nan Hijau. Jika dalam kondisi basah, track/jalur ini memang cukup sulit untuk di lalui namun tidak terlalu menguras tenaga.

Melewati hutan pinus

Singgah sejenak di kebun Kol milik warga, motor sudah mulai kotor

Memasuki area hutan, banyak rumput menghalangi, tetap di trabas meski jadi penghalang


Finish Line dan Ringkasan

Setelah kita blar..blar.. akhirnya kita menemui sebuah jalan besar di area pangalengan, kita akan keluar dari hutan dan finish di Cinyiruan Pangalengan.
Kebetulan saya merekam track GPSnya meskipun sedikit pada waktu itu,  tercatat dari pertama start di ojek lintung sampai finish di Pangalengan.

GPS Jalur Fun Offroad Logawa - Pangalengan
Peta GPS, Klik untuk memperbesar

Maps Legends:
- Lingkaran Merah = Ojek Lintung
- Lingkaran Hijau = Garis Finish
- Lingharan Biru = Pasar Pangalengan

Selanjutnya kita bisa pulang atau mengisi bensin dulu lalu lanjut ke jalur Ci Oray Menuju Puncak Besar.