Minggu, 19 Juli 2015

Mengganti Gear Set Yamaha Vega R

Berikut ini saya akan memberikan tips untuk mengganti gear set Yamaha Vega R ini yang asalnya 15-39 menjadi 14-35 atau 15-35 sesuai dengan kebutuhan.

Yamaha Vega R memang enak dikendarai sebagai motor komuter, meskipun sudah tua tetapi jika kita rajin merawatnya, motor ini masih bisa diandalkan dan masih bisa bersaing dengan motor-motor terkini di kelasnya.

Gear Set Vega R

gear belakang vega r

Gear belakang vega r


Jika mengacu pada rumus gear ratio, maka ratio bawaanya vega R ini adalah = 2.6 sedangkan jika kita ganti gear setnya menjadi 14-35 maka akan didapat ratio 2.5 dan ini akan menjadikan tarikan motor berada ditengah antara akselerasi dan top speednya. Nah jika ingin menambah topspeed namun mengorbankan akselerasi, anda bisa mengganti gearset vega R ini dengan gear depan 15 dan gear belakang 35, sehingga diperoleh ratio 2.33. Efeknya nafas motor akan jadi lebih panjang dan tentunya top speed akan meningkat tapi tenaga atau akselerasi jadi berkurang.

Silahkan dicoba sesuai dengan kebutuhan, untuk jalanan perkotaan yang datar bisa menggunakan gearset 15-35. Sedangkan untuk jalanan yang banyak tanjakannya bisa menggunakan gear 14-35 atau 13-35 untuk mengejar akselerasi.

Cara Menggantinya

Untuk melakukan pergantian gear set ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah, alat yang diperlukan adalah kunci pas dan tang saja. Jika diperlukan, kita juga harus memotong satu atau dua mata rantai agar rantai tidak terlalu kendur.


Selamat mencoba.