Senin, 15 Juni 2015

Bukit Parabon, Keindahan Bandung yang Tersembunyi



Pohon Pisang di Bukit Parabon

Tentang Parabon

Parabon adalah sebuah bukit yang terletak di kaki Gunung Tikukur dan Gunung Malabar. Letaknya yang cukup tinggi memungkinkan kita untuk bisa melihat keindahan kota Bandung dan Gunung-gunung disekitarnya. Keadaan alam di parabon ini sungguh asri dan sejuk, disekitarnya dikelilingi oleh pohon pinus, kopi dan juga tanaman palawija yang dibudidayakan oleh masyarakat setempat.

Pohon Aren yang masih bisa dijumpai di Parabon

Saat saya menginjakan kaki di Parabon ini, saya rasa tempat ini sangat potensial jika dijadikan sebagai tempat wisata dan mungkin cocok jika di adakan tempat seperti bumi perkemahan, flying fox, atau sekedar tempat untuk cuci mata. Tidak berlebihan jika Parabon ini merupakan sebagian keindahan Bandung yang masih tesembunyi

Letak Parabon dan Akses Lokasi 

Jalan ke Parabon, Jalan tanah yang cukup lebar. Mudah diakses dengan motor biasa


Bukit Parabon ini berada di bagian paling atas Desa Warjabakti, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Parabon ini berada di kaki gunung Malabar.
Akses lokasi ke parabon ini bisa menggunakan sepeda motor biasa ataupun motor offroad. Bagi yang memakai mobil, anda juga bisa namun harus brjalan kaki dulu sekitar 200 meter untuk mencapai bukit parabon ini.

Untuk mencapai parabon ini bisa melalui Ojeg Lintung atau bagi yang suka berpetualang menelusuri hutan dengan motor offroad nya juga bisa via Pangalengan, melewati perkebunan teh yang indah.

Lebih dalam Tentang Parabon

Parabon ini merupakan puncak bukit yang landai dan cukup luas, hal ini sangat potensial sekali apabila dijadikan tempat wisata. Dan seperti yang saya duga sebelumya, Parabon ini sedang dirancang untuk dijadikan tempat wisata yang nantinya akan diadakan wahana flying fox dan sebagainya. 
Pemandangan Malam Kota Bandung jika dilihat dari Parabon ini akan sangat indah sekali, namun sayang saya belum ada kesempatan untuk mengambil foto-foto bandung pada malam hari dari parabon.

Menurut kabar, Karang Taruna Warjabakti sedang bekerjasama dengan ITB dalam mewujudkan tempat wisata untuk parabon ini. Kita tunggu saja kelanjutannya.

**Tulisan ini masih bersifat sementara dan perlu penyempurnaan lebih lanjut.

Seditik Galeri Foto

Permukaan Parabon

Gunung Malabar dilihat dari Parabon

Gunung Tikukur dari Parabon