Sabtu, 28 Februari 2015

Mencoba Modem Jadul ZTE MF100 [Review]

Sudah lama sekali saya menggunakan Smartfren sebagai parter saya dalam berselancar di dunia maya ini. Banyak sekali suka cita yang saya alami dengan modem saya terdahulu yang mungkin tidak bisa diceritakan secara detail. Kali ini saya ingin mencoba share kepada anda tentang performa modem jadul ZTE MF100 yang dibekali dengan kartu IM3 dari Indosat.




Berikut ini adalah data-data yang dipakai dalam mencoba modem ZTE MF100 ini:

- 1 buah modem ZTE MF100
- 1 buah kartu IM3
- Paket Super Internet dari Indosat 11GB
- Software OMNI Connect sebagai pengganti software bawaannya.

Mari kita mulai percobaan,
Pada hal ini saya asumsikan bahwa OMNI Connet sudah terinstall sebagai pengganti software bawaannya.
Beginilah tampilan software OMNI Connect untuk ZTE MF100:

Pada percobaan yang saya lakukan ini saya hanya mendapat signal 3 bar HSDPA dan kurang stabil karena kadang-kadang signalnya menjadi 1 bar saja. Hal ini dikarenakan jarak dari Tower ke Rumah saya itu sekitar 4km. Modem di posisikan pada depan komputer dengan kabel perpanjangan USB 1,5m.

Click connect Now dan hanya 1-2 detik komputer saya sudah terkoneksi ke jaringan internet. Kemudian inilah yang kita tunggu yaitu melakukan test speed modem ini dalam keadaan sinyal seadanya. Berikut ini adalah hasil testnya.

Browsing:
Untuk browsing terasa banget cepatnya, loading page sangat terasa enteng dan tidak perlu menunggu.

Download:
Kecepatan download cukup memukau meskipun hanya mendapat sinyal 1 bar, bisa meraih kecepatan 300KB/s [harap dibedakan ya dengan kbps]

SpeedTest:









Penggunaan untuk Game Online:
Saya sudah mencoba beberapa game online MMORPG seperti Clash of Gods, Jade Dynasty, Lost Saga, Dragon Nest dan lainnya. Tidak ketinggalan juga saya coba untuk memainkan game FPS seperti Counter Strike Online [CSO], Point Blank [PB] dan hasilnya cukup bagus. Ping yang didapat berkisar 70-100Ms, cukpuplah untuk ngegame dan tembak-tembakan.

Sekian dulu review saya untuk ZTE MF100 ini, hasil diatas mungkin akan sangat berbeda tergantung dari lokasi yang dipakai (kekuatan sinyal), paket internet yang dipakai, kepadatan pemakai internet dan kondisi-kondisi lainnya.