Hasil Install Ubuntu 14.04 di Laptop


Beberapa waktu yang lalu saya posting soal kelahirannya Ubuntu 14.04 LTS yang dijuluki Trusty Tahr. Sejak saat itu belum sempat saya jajal kehandalan dari ubuntu 14.04 ini. Baru hari ini saya install Ubuntu 14.04 ini di Laptop saya.



Sebagai catatan, sebelumnya di laptop saya ini sudah terinstall Windows 8.1 dan sekarang saya berniat untuk mencoba install Ubuntu 14.04 di laptop ini sekaligus dual boot agar bisa mempermudah akses di kemudian hari.

Dikarenakan laptop saya ini tidak ada CD/DVD-ROM nya maka saya pakai flash disk sandisk 8gb dengan bantuan aplikasi SARDU agar file ISO ubuntu 14.04 bisa terbaca pad saat booting.

Sekarang seluruh perlengkapan perang sudah tersedia yaitu:

1. Laptop Acer Aspire One
2. USB Flash Dish Sandisk 8Gb yang sudah terisi dengan bootable ISO ubuntu 14.04
3. Orang yang akan melakukan installasi [saya sendiri] :D

Untuk proses installasi tergolong cukup mudah bagi seorang newbie sekalipun, mungkin ada sedikit pertanyaan sistem dimana kita harus memilih antara install di seluruh harddisk, atau di partisi berbeda dan lain sebagainya. Setelah itu masukan username, password dan data lainnya seperti timezone etc. Sengaja saya persingkat karena mungkin di artikel selanjutnya saja saya terangkan soal cara-cara instalasi ubuntu 14.04 ini.

Singkat kata proses installasi selesai dan inilah dia hasil dari instalasi Ubuntu 14.04 di Laptop saya:

- Fitur dual boot antara Windows 8.1 dan Ubuntu 14.04 ternyata tidak berjalan mulus alias tidak otomatis, sehingga apabila anda berniat untuk dual boot Windows 8.1 dan Ubuntu 14.04 harus cari dulu cara fix masalah ini.

- Masih ada "Pesan System Error" yang muncul, mungkin karena belum saya update
- Overall feelnya sama saja dengan ubuntu 12.04 dari tampilan dan fiturnya serasa begitu begitu saja.
- Tampilan Unity menurut saya masih "menjengkelkan", masih lebih suka Gnome :D
* Hasil diatas adalah yang saya rasakan dan tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan :) mungkin rasanya akan berbeda pada masing-masing orang.


Silahkan Tulis Pendapatmu!

Previous
Next Post »