Selasa, 27 Mei 2014

Cara Install Linux Mint 17 Qiana via USB Flash Disk



Berikut ini saya akan coba jelaskan Cara Install Linux Mint 17 Qiana via USB Flash Disk, seperti kita ketahui banyak sekali perangkat baik itu PC atau Laptop yang belum dilengkapi dengan CD atau mungkin sudah rusak, mungkin juga karena tidak ingin ribet dan sebagainya maka dari itu lebih baik kita gunakan USB Drive atau Flash Disk sebagai media Installasi Linux Mint 17 Qiana ini.

Beberapa alat yang saya pakai adalah sebagai berikut:

- Laptop Acer Aspire One
- USB Flash Disk Sandisk Cruzer Glide 16GB
- Linux Mint 17 Qiana x 64 ISO
- Rufus versi 1.4.7

Inilah langkah-langkah yang dilakukan untuk memulai Installasi Linux Mint 17 Qiana ini:

- Siapkan file-file yang dibutuhkan yaitu iso Linux Mint 17 Qiana x 64 atau juga versi lainnya sesuai kebutuhan,

- Download Rufus sebagai alat agar kita bisa menggunakan USB Flash Disk kita sebagai bootable media

Setelah kedua file diatas sudah selesai di download maka bukalah Rufus kemudian tancapkan Flash disk anda pada port USB yang tersedia di PC/Laptop anda.
Inilah tampilan Rufus nya:

* Pada bagian Device, disini anda pilih lokasi penyimpanan/Flash Disk yang akan digunakan sebagai bootable medianya. Dalam hal ini saya pilih flash disk sandisk yang berukuran 16GB tadi.
* Pada Bagian Partition Scheme, pilih "MBR partition scheme for BIOS and UEFI computers"
* File System, pilih FAT32
* New Volume Label, tentukan saja sendiri nama Labelnya sesuai dengan keinginan anda
Centang Create bootable disk using: ISO Images, kemudian anda klik gambar/icon ISO disebelahnya lalu cari file iso linux mint 17 Qiana yang sudah selesai anda download tadi.
* Klik Start, lalu tunggu hingga proses pemindahan file dan penginstallan bootable Linux Mint 17 Qiana selesai.

- Langkah selanjutnya adalah setting PC atau Laptop anda agar boot awalnya dari USB Drive/ Flash Disk lalu tancapkan USB kemudian restart PC anda, lalu anda akan masuk ke menu Boot Linux Mint 17 Qiana LIVE dari USB yang sudah kita buat bootable tadi.

- Sekarang anda sudah bisa masuk kedalam Desktop dari Linux Mint 17 Qiana ini, tampilannya sungguh sangat cantik namun sederhana. Kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini:

- Selanjutnnya adalah anda tinggal klik "Install Linux Mint" yang terletak pada desktop Linunx Mint 17 ini seperti terlihat pada gambar di atas!

- Lalu ikutilah langkah-langkahnya seperti halnya anda menginstall Linux Mint dari CD-ROM. Namun jika ini adalah pertama kalinya anda melalukan Installasi Linux Mint, jangan khawatir, di posting berikutnya saya akan terangkan cara untuk instalasi Linux Mint secara mudah.

Selamat Mencoba